Sabtu, 28 Juli 2012

Konstanta dan Variabel pada Fortran 95


Melanjutkan pembahasan mengenai bahasa pemrograman Fortran, kali ini kita akan membahas mengenai tata cara penulisan konstanta dan variabel pada bahasa pemrograman Fortran.
Pertama, apa itu konstanta dan variabel? Dalam pemrograman Fortran, konstanta (constant) adalah objek data yang didefinisikan sebelum program dieksekusi dan nilainya tidak berubah sepanjang program itu berjalan, sementara variabel (variable) adalah objek data yang nilainya bisa berubah selama program berjalan. Nama variabel diperbolehkan sepanjang 31 karakter yang terdiri dari alfabet, nomor dan underscore, dengan catatan karakter pertama harus alfabet. Misalnya timetime_to_live,garu123 dan lain sebagainya.
Sekarang kita akan membedah lebih dalam lagi tentang konstanta dan variabel. Yang pertama adalah konstanta dan variabel integer. Integer berarti angka yang tidak mengandung koma atau titik desimal. Jika bernilai positif, maka bisa ditulis dengan atau tanpa tanda +. Contohnya adalah 1, -6 dan +300.
Kedua adalah konstanta dan variabel real. Seperti namanya, konstanta dan variabel ini menyimpan nilai real, yang berarti mengandung titik desimal. Contohnya adalah 1.5, 5.8E3 (huruf ‘E’ berarti 10 pangkat) dan +6.E-3.
Terakhir adalah konstanta dan variabel character. Konstanta character berarti sekumpulan karakter alfanumerik yang diapit dua tanda kutip single ataupun double. Contohnya adalah “Tes”, ‘gateway’ dan ‘kosong01′. Lantas bagaimana jika kita ingin memasukkantanda petik? Kita bisa memasukkannya dengan menggunakan dua buah tanda kutip single. Jika ingin menulis Stein’s Gate maka kita bisa menulisnya dengan Stein”s Gate (ingat, itu bukan tanda kutip double tapi dua buah tanda kutip single!).
Baiklah, setelah mengerti semuanya, kini kita masuk ke tata cara penulisannya. Dalam bahasa pemrograman Fortran, penulisan variabel real dan integer sama. Misalnya kita ingin mendefinisikan variabel integer bernama angka dan variabel real bernama koma. Maka penulisannya pada Fortran adalah :
INTEGER :: angka
REAL :: koma
Sementara pendefinisian variabel character bisa kita tentukan panjangnya di awal. Ada 3 cara pendefinisian variabel character :
CHARACTER (len=<panjang>) :: var1, var2,……
CHARACTER :: var1,…..
CHARACTER(<panjang>) :: var1,…..
Bingung? Kita langsung pakai saja! Misalnya kita ingin mendefinisikan variabel character dengan panjang 1 karakter, 3 karakter dan 5 karakter dengan nama variabel huruf, kita bisa menulisnya seperti berikut :
CHARACTER :: huruf
CHARACTER(len=3) :: huruf
CHARACTER(5) :: huruf
Nah, sekarang sudah mengerti tata cara penulisan variabel, kan? Kini kita masuk ke konstanta. Ingat, bahwa pendefinisian konstanta dilakukan sebelum bagian Execution Section pada program. Nilai konstanta tidak akan pernah berubah sepanjang program.
Penulisan konstanta pada Fortran 95 adalah sebagai berikut :
type, PARAMETER :: name1 = value1, name2 = value 2,……
Khusus untuk compiler GFortran95, untuk tipe data character, setelah type harus didefinisikan panjangnya (misalnya CHARACTER(30), PARAMETER :: kar = ‘Bahasa Fortran’).
Misalkan kita ingin membuat sebuah konstanta bernama elektron yang bernilai 1,602 x 10-19 dan konstanta kar yang berisikan kata “Fortran”. Maka penulisannya seperti berikut :
REAL, PARAMETER :: elektron = 1.602E-19
CHARACTER(10), PARAMETER :: kar = ‘Fortran’
Sekarang sudah mengerti tentang konstanta dan variabel? Baiklah, kini saya akan memberi sebuah contoh program tentang keduanya, silakan anda compile untuk analisa (^_^).
PROGRAM contoh_output
INTEGER, PARAMETER :: x = 5
CHARACTER(30), PARAMETER :: ROGER = ‘Ini Bahasa Fortran 95′
INTEGER :: ix
REAL :: theta
ix = 1
theta = 3.141593
WRITE (*,*) ‘Man”s best friends’
WRITE (*,*) ROGER
WRITE (*,*) ‘IX = ‘,ix
WRITE (*,*) ‘Theta = ‘,theta
WRITE (*,*) ‘Nilai x = ‘,x
END PROGRAM contoh_output
Sampai disini dulu penjelasan saya, semoga berguna bagi kita semua.
Untuk sekarang, Auf Wiedersehen und hoffen Sie einige gute Studien habenmeine Freund!!!

1 komentar:

  1. DaduPoker - Agen Judi Poker Domino Online Terpercaya di Indonesia

    6 Permainan Dalam 1 Website
    Poker | DominoQQ | Capsa Susun | AduQ | BandarQ | BandarPoker

    Minimal Dp Rp 20.000,-
    Minimal WD Rp 50.000,-

    Bonus Turnover up to 0.5%
    Bonus Referral 10% + 10%

    100% FairPlay, Tanpa Admin atau Robot
    Untuk Informasi Lebih Lanjut bisa Hub Customer Service Kami di
    bit.ly/googledadupoker

    BalasHapus

Designed by Animart Powered by Blogger